• Minggu, 26 Juni 2022

Ketika Orang Awam Lebih Baik Dari Penuntut Ilmu

- Selasa, 16 November 2021 | 07:30 WIB
Ilustrasi gambar ghibah (Pixabay)
Ilustrasi gambar ghibah (Pixabay)

AGAM NEWS TODAY - Sikap orang awam lebih baik dari penuntut ilmu sebuah nasehat yang indah dari seorang ulama besar, yaitu syekh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah.

'Oleh karena itu, engkau melihat ada orang awam yang lebih baik aqidah dan keikhlasannya daripada KEBANYAKAN para penuntut ilmu' ucap beliau

Mengapa?, Karena Sebagian penuntut ilmu, sibuk berbantah-bantahan, sibuk bergosip 'Qiila wa qaala’ tentangfulan dan fulan, sibuk berdebat di internet dan mengomentasi ini dan itu.

Baca Juga: Anak Nongkrong, Wajib Tau efek Kopi!

syar’i, yang mana tidak ada ambisi mereka melainkan:

  1. Mengambil (bahan bantahan) dan membantah (lebih sibuk berbantah-bantahan saja daripada menyebarkan ilmu)
  2. 'Qiila wa qaala' bergosip (sibuk membicarakan berita ini dan itu, fulan dan alan yang belum tentu benar informasinya)
  3. Apa komentarmu wahai fulan? (Komentar tentang fulan dan berita-berita)
  4. Apa komentarmu terhadap kitab karangan fulan? (Berharap bantahan)
  5. Dan tentang apa yang ditulis oleh fulan?

Inilah yang menyempitkan hati seorang hamba, menghalangi hatinya dari Allah Azza wa Jalla dan tidaklah ia pentingkan melainkan hanya gosip saja (disibukkan dengan berita ini dan itu, hanya sibuk mengomentari tanpa tindakan nyata memberikan solusi).

Nasehatku bagi setiap orang, hendaknya ia memfokuskan dirinya (beribadah) kepada Allah Azza wa Jalla dan meninggalkan manusia dan perselisihan mereka. 

Baca Juga: Inggris Hancurkan San Marino 10-0, The Three Lions Lolos Ke Piala Dunia Qatar

Nasehat beliau sangat mengena bagi kita para penuntut ilmu agama. Hendaknya kita perhatikan adab dan akhlak para penuntut ilmu. Beliau TIDAK mengatakan 'semua' orang awam lebih baik, tetapi ini sebagai nasehat bagi kita.

Halaman:

Editor: Ardiansyah AN

Sumber: Instagram @jendelaislam

Tags

Terkini

X